Minggu, 30 Oktober 2011

Manfaat olahraga anak

Manfaat olahraga anak

07-09-2011 diposkan oleh melindacare

 
Manfaat olahraga anak. Olahraga yang dilakukan dengan benar memang terbukti bermanfaat bagi kesehatan, tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Lalu olahraga apa yang cocok untuk anak-anak?

Bagi anak-anak, olahraga berarti bermain dan aktif secara fisik. Mereka dapat berolahraga di kelas olahraga sekolah, ketika bermain bola, mengikuti kelas menari, bermain sepeda, berlari-lari, dan lainnya. Tanpa disadari, anak-anak sebenarnya telah berolahraga dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Bahkan dalam kesehariannya, anak-anak telah melakukan tiga elemen fitnes. Berlarian bersama anak-anak lainnya sebagai bentuk elemen ketahanan, lalu bergelantungan sebagai elemen kekuatan, dan membetulkan tali sepatunya sebagai elemen kelenturan tubuhnya.

Dengan adanya manfaat olahraga anak, anak-anak dilatih daya ketahanan tubuhnya sehingga akan memiliki jantung sehat dan pernapasan yang kuat. Begitu pun dengan melatih kekuatan tubuh yang didapatkan dari bermain panco dengan teman-temanya., menaiki pohon, atau bergulat. Ditambah dengan kelenturan tubuhnya yang baik, maka anak-anak akan tumbuh sehat dan aktif.

Semua orang akan mendapatkan keuntungan dari berolahraga, dan anak-anak yang aktif secara fisik pun akan mendapatkan Manfaat olahraga anak, seperti ; otot dan tulang yang kuat, tubuh lebih langsing karena olahraga mengontrol lemak, mengurangi resiko mengalami berat badan berlebih dan terkena diabetes tipe 2, terhindar dari tekanan darah rendah dan kolesterol, serta penampilan fisik lebih menarik.

Jangan manjakan anak dengan berbagai video game atau membebaskannya menonton televisi. Jika anak lama berdiam diri dan sedikit melakukan aktivitas fisik, kemungkinan besar beresiko mengalami obesitas bahkan diabetes. Berikan batasan sampai berapa lama anak-anak boleh menonton televisi atau bermain game dan ajaklah anak untuk lebih rajin bergerak.

Lalu berapa lama sebaiknya anak-anak berolahraga? Untuk anak-anak di atas usia dua tahun sebaiknya berolahraga dilakukan selama satu jam. Sedangkan untuk bayi, tidak dibatasi harus berapa lama namun pastikan sistem motorik tubuhnya berkembang dengan baik.

Mengajak anak berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara agar mereka tetap sehat. Dan berikut ini beberapa tips lainnya agar anak terhindar dari sakit :
- Mendukung anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan fisik yang cocok untuk usianya dan tentunya tidak berbahaya.
- Buatlah jadwal rutin untuk olahraga anak.
- Berikan contoh aktivitas fisik yang baik, seperti lebih memilih naik tangga dibandingkan lift, berjalan kaki ke warung dibandingkan naik kendaraan. Begitupun dalam hal makanan, jadilah panutan untuk anak Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.
- Jadikan olahraga anak menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga anak tidak bosan. Misalnya dengan memasang lagu favoritnya saat melangsungkan aktivitas dan lainnya.

Jadi, selalu ingat Manfaat olahraga anak ini, ya? Dan laksanakan selalu agar anak sehat dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar