Minggu, 30 Oktober 2011

Latih Fisik dan Perilaku Anak Sambil Bermain


Anak yang sehat dan aktif memiliki konsentrasi dan lebih baik dalam akademik.


Petti Lubis, Anda Nurlaila
Anak Olahraga  
 
VIVAnews - Masa kanak-kanak merupakan masa pengembangan motorik anak dan pengembangan diri tumbuh pesat pada masa ini. Dalam masa perkembangan ini, aktivitas anak selalu identik dengan bermain dan kegiatan yang menyenangkan.

Sesuai dengan kondisi anak, pengembangan fisik dan kepribadian sebaiknya yang memuat aktivitas menyenangkan dan rekreasi. Susan Bachtiar, salah seorang pendiri dan pendidik mengatakan, anak yang sehat dan aktif memiliki konsentrasi dan lebih baik dalam akademik. "Mereka lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain," katanya pada Grand Launching pusat pengembangan anak, 'I Like Gym', di Minniapolis Plaza Indonesia, Selasa, 1 Juni 2010.

Berbeda dari pengembangan fisik anak lainnya, pengembangan anak di 'I Like Gym' disesuaikan dengan pola rekreasi. Pengembangan latihan diperuntukkan bagi anak usia 6 bulan hingga 12 tahun yang bertujuan mengasah potensi anak.

Program gimnastik di dalamnya disesuaikan dengan usia dan ukuran anak seperti palang bertingkat, palang sejajar, balok keseimbangan, ring dan trampolin dengan tenaga pelatih khusus. untuk anak usia 6 bulan sampai 3,5 tahun misalnya, aktivitas berarah pada pengembangan indera anak seperti meraba. Sedangkan untuk usia anak preteen (beranjak remaja) dikhususkan untuk melatih gerakan motorik anak.

Jenny Hartono, Direktur 'I Like Gym' mengungkapkan, berbeda dari pusat pengembangan sejenis, di 'I Like Gym', setiap anak dapat melakukan latihan tanpa suasana kompetisi yang membuat tertekan. Anak diajak melakukan kegiatan gimnastik sambil mengeksplorasi berbagai perminan yang penuh imajinasi.
"Anak akan melakukan aktivitas yang membantu mengembangkan pertumbuhan otot, memperbaiki stamina, keseimbangan dan kelenturan tubuh yang lebih baik," kata Jenny.

Selain gimnastik yang disebut sebagai mother of all sport (dasar dari semua olahraga), ada program lain yang bisa melengkapi aktivitas pengembangan diri anak antara lain kids yoga, capoeira, dance, bela diri, kindermusik, dan Holiday Camps selama masa liburan 14 Juni hingga 14 Juli 2010. (mt)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar